Jumat, 17 Oktober 2008

KETEKUNAN DAN “JUARA OLIMPIADE TERBESAR”

Dalam Olimpide Sydney tahun 2000, muncul seorang atlet yang lebih menonjol dibandingkan semua atlet besar lainnya: Steve Redgrave. Ia bukan saja lebih menonjol dari semua atlet tetapi dari semua atlet Olimpiade di sepanjang zaman.
Mengapa ?
Karena ia telah menggunakan kekuatan visi dan komitmen ketekunannya pada Ritual Latihan untuk mencapai “sesuatu yang mustahil”.
Waktu kecil Redgrave tidak dianggap pandai dan hanya diberi sedikit kesempatan untuk “muncul” di dunia. Tetapi kemudian ia mampu “menemukan” olahraga dayung.
Olahraga dayung dianggap sebagai salah satu olahraga terberat karena dibutuhkan komitmen pada latihan dan diperlukan kebugaran yang sangat tinggi. Tidak seperti banyak olahraga lainnya, dayung mensyaratkan Anda bugar dalam tiga hal: stamina, kelenturan, dan kekuatan. Untuk melatih dan memelihara tiga jenis kebugaran ini dibutuhkan dedikasi yang sangat besar.
Misalnya, latihan standar (perlu diingat bahwa ini harus dilakukan 360 hari setiap tahun!). Setiap hari ia bangun pukul 5 pagi, dilanjutkan dengan latihan dayung disungai selama dua jam. Sesudah makan pagi dan relaksasi sebentar, diadakan sesi evaluasi dan perencanaan selama satu atau dua jam. Lalu acara latihan lagi di gimnasium atau dengan mesin dayung, kemudian makan siang dan istirahat. Di sore hari melakukan latihan dayung jarak jauh di sungai selama dua atau tiga jam.
Pada usia 22 tahun, Redgrave telah melakukan ritual harian ini selama empat tahun. Di Los Angeles ia memenangkan Medali Emas Olimpiade pertamanya.
Empat tahun kemudian, pada Olimpiade di Seoul, Korea pada tahun 1988, ia telah melakukan empat tahun ritual latihan lagi dan memenangkan Medali Emas keduanya.
Pada tahun 1992 di Olimpiade Barcelona, Steve Redgrave telah melakukan empat tahun latihan tambahan (artinya sudah 12 tahun latihan tanpa henti!), dan memenangkan Emas Olimpiade ketiga.
Apakah anda sudah merasa lelah hanya dengan membayangkan apa yang telah ia lakukan?
Pada tahun 1996, Redgrave telah memberikan lagi komitmen empat tahunnya (artinya 16 tahun), dan memenangkan Olimpiade keempat.
Pada tahap ini banyak orang yang sudah menganggap Steve Redgrave sebagai atlet terbesar Olimpiade, karena sebelumnya, tidak seorang pun pernah memenangkan madali emas selama empat tahun berturut-turut. Tetapi ini masih belum cukup baginya.
Setelah beberapa perenungan, ia memutuskan untuk berlatih lagi dengan intensitas latihan yang sama selama empat tahun lagi (jumlahnya adalah 20 tahun!) dan berusaha meraih medali kelimanya di Olimpiade Sydney. Dengan demikian perjalanannya semakin sulit. Setahun sebelum Olimpiade, Redgrave, yang sudah mencapai usia 37 tahun (usia yang sudah dianggap “habis” dalam dunia dayung) didianosis menderita diabetes yang parah dan harus mendapatkan suntikan insulin enam kali sehari.
Steve menjalankan tanggungjawabnya dengan beban tambahan ini, menggabungkannya kedalam ritual harian dan pergi ke sydney untuk memenangkan medali emas kelimanya!
Yang seringkali terabaikan dari pandangan kita adalah selama 20 tahun komitmen yang luar biasa, visi keberhasilan dan ritual latihan yang sangat padat, bahwa disepanjang waktu itu, pada pertandingan lokal, nasional, regional, dunia, dan Olimpiade. Di dalam semua pertandingan yang ia ikuti, termasuk babak kualifikasi, perempat final, semi final, dan final, Steve Redgrave hampir tidak pernah dikalahkan! Lebih dari itu, dalam setiap Olimpiade yang diikutinya, ia bertanding dengan perahu dan kru yang berbeda - Steve-lah yang menjadi Faktor Sukses-nya!
Dalam Olahraga dayung, ada sebuah moto yang dihidupi oleh banyak pedayung besar: “Mil membentuk juara”. Ini berarti, Ketekunan latihan yang teratur, baik di air maupun di darat adalah “resep rahasia” yang menghasilkan Medali Emas Olimpiade.Steve Redgrave adalah contoh utama bagaimana Ketekunan dan Visi Hidup yang benar dapat mengubah seorang bocah yang hanya diberi sedikit harapan untuk sukses menjadi seseorang “atlet Olimpiade terbesar sepanjang zaman”, serta menjadi bintang teladan. Sebagai pengakuan terhadap kepandaian dan stamina mental serta jasmaninya yang luar biasa, Redgrave telah menerima banyak gelar kehormatan, penghargaan, termasuk gelar kebangsawanan. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar